Resep Jadul Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Lembut

Anda penasaran pingin tau Resep Jadul Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Lembut? Sebentar ya, sebelumnya ingin saya beritahukan kalau ingin membuat roti tawar yang lembut lebih baik gunakan bahan/bumbu alami saja (tanpa bahan kimia/pengawet) karena selain rasanya lebih enak, tapi juga baik untuk kesehatan kita. Roti tawar biasanya disajikan untuk sarapan pagi, karena kandungan karbohidrat pada roti cukup tinggi jadi cukup untuk mengisi perut kita sebelum beraktivitas.

cara membuat roti tawar

Sekarang mari kita mulai saja resep jadul membuat roti tawar empuk dan lembut yang sudah saya uji kelezatannya.

Bahan-bahan untuk Pembuatan Roti:

  • Siapkan tepung terigu 250 gram
  • Ragi 1 sendok teh
  • Gula pasir 15 gram
  • Susu bubuk 15 gram
  • Air es 175 ml
  • Mentega putih 25 gram
  • Garam 1 sendok teh

Cara Sederhana Membuat Roti :

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi, dan susu bubuk kemudian diaduk rata. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai lembut dan rata. Selanjutnya masukkan mentega putih dan garam kemudian aduk kembali sampai lembut dan kenyal lalu diamkan selama 25 menit.
     
  2. Kemudian timbang adonan roti masing masing 180 gram lalu dibentuk bulat-bulat dan diamkan kembali selama 10 menit.
     
  3. Setelah itu giling adonan roti sampai tipis, lalu gulung adonan sambil ditekan. Ulangi cara ini sampai 3 kali.
     
  4. Kemudian masukkan adonan ke dalam loyang yang dilengkapi penutup ukuran 30 x 12 x 12 cm yang sudah diolesi mentega dan dialasi kertas roti, jangan lupa olesi juga penutupnya dengan mentega
     
  5. Diamkan adonan selama 90 menit agar mengembang. Setelah mengembang masukkan loyang dalam oven selama 40 menit dengan suhu 180 derajat sampai matang.
Dan satu hal lagi anda harus menjaga adonan tersebut di depan oven agar jangan sampai terlalu matang (kecoklatan), karena nanti akan terasa agak pahit. Nah teman-teman Resep Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Lembut siap di hidangkan. selamat mencoba

Resep Jadul Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment