Inti 5 Cara Mendidik Anak Sejak Usia Dini Dengan Baik

Inti 5 cara mendidik anak sejak usia dini yaitu sudah harus diterapkan sejak dimulainya fase pertumbuhan agar si buah hati bisa terlihat jika ada kekurangannya. Seeorang anak sejak kecil akan lebih mudah untuk menerima perubahan ketimbang ketika ia telah dewasa. Dan pada usia dini itulah, masa pembentukan jati diri, pola pikir dan watak sang anak sedang berproses.

cara mendidik anak usia dini

Mendidik seorang anak memang gampang-gampang susah, terutama untuk type anak yang nakal. Sebenarnya anak yang nakal dan sulit diatur itu ada kaitannya dengan latar belakang keluarga itu sendiri.

Jika kita tidak mendidik anak kita dengan baik ketika mereka masih muda, maka akan semakin sulit jika kita ingin memperbaikinya nanti. Jadi kalau begitu, mengapa tidak mulai mendidik anak-anak kita dari sekarang?

Berikut akan saya bagikan Inti dari 5 cara mendidik anak sejak usia dini:
  1. Sejak awal kita dapat mengajarkan anak kita tata krama yang mudah, contohnya setiap anak kita mendapatkan sesuatu, ia harus bisa mengucapan terima kasih. Juga ketika bertemu dengan orang yang lebih tua, ia harus bisa memberi salam.
     
  2. Mengajarkan anak kita untuk selalu membereskan mainan yang sudah dimainkannya agar bisa dikembalikan ke tempatnya semula, ini bertujuan mengajarkan anak agar mempunya sifat bertanggung jawab.
     
  3. Membiasakan anak kita untuk selalu menjaga kebersihan. Ajarkan selalu mencuci tangan sebelum makan, atau menggosok gigi sebelum tidur.
     
  4. Ajarkan juga anak kita apabila telah melakukan kesalahan dengan orang lain biasakanlah untuk berani meminta maaf.
     
  5. Apabila anak kita berbuat nakal berilah teguran dan pengarahan. Sebisa mungkin hindari kekerasan terhadap anak, baik kekerasan lewat kata-kata ataupun bentuk tindakan fisik, karena trauma kekerasan akan membekas dalam jiwa anak, dan sulit dihilangkan. Trauma tersebut akan mempengaruhi perkembangan jiwa dan emosional anak kita selama masa pertumbuhannya.
Memang tidak mudah melakukan semua cara di atas, banyak faktor yang membuat kita secara tak sengaja melakukan cara mendidik yang kurang tepat. Namun yang penting kita sebagai orang tua harus selalu berusaha untuk mendidik anak kita dengan cara yang baik, karena kita semua pasti mengharapkan anak kita kelak menjadi anak yang berbakti. Semoga Inti 5 Cara Mendidik Anak Usia Dini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan kita sebagai orang tua mendapatkan solusi nya di sini.

Inti 5 Cara Mendidik Anak Sejak Usia Dini Dengan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment