Membedah 5 Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara membersihkan karang gigi selalu banyak dicari. Tidak sedikit orang bertanya kepada para dokter gigi, situs-situs penyedia informasi mengenai kesehatan gigi dan lainnya. Membersihkan sekaligus mencegah munculnya karang gigi. Masalah karang gigi memang tidak sefamiliar gigi berlubang atau krowok dalam bahasa jawa. Gigi berlubang lebih mudah dikenali karena gigi sering terasa sakit dan adalanya sisa-sisa makanan masuk ke gigi yang berlubang tersebut. Alhasil terasa tidak nyaman bahkan terasa sakit. Karang gigi hampir tidak dirasakan oleh banyak orang.

cara membersihkan karang gigi

Penyebab Munculnya Karang Gigi

Karang gigi tidak begitu dirasakan dan tidak terlalu terlihat karena berada di sela-sela khususnya bagian dalam gigi yang menempel gusi. Karang gigi muncul akibat plak yang menempel pada gigi. Biasanya muncul karena gigi tidak digunakan mengunyah dengan adil. Adakalanya orang lebih suka mengunyah di salah satu sisi saja, kanan atau kiri. Karena merasa nyaman atau di salah satu sisi ada gigi yang berlubang sehingga cenderung dihindari agar sisa makanan tidak masuk. Nah, lama kelamaan plak muncul di bagian gigi yang tidak digunakan. Hal ini diperparah dengan malasnya sikat gigi.

Mencegah Munculnya Karang Gigi

Karang gigi memang menganggu. Jika terlalu lama tidak dibersihkan akan menyebabkan bau mulut bahkan merusak gigi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain :
  1. Sikat Gigi secara Teratur
    Sikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari pagi dan malam sebelum tidur. Sikat dengan benar bahkan hingga ke sela-sela gigi bagian dalam.

  2. Berkumur Menggunakan Mouthwash
    Setelah sikat gigi, sebaiknya berkumur menggunakan mouthwash yang banyak ditemukan seperti halnya pasta gigi. Hanya menyikat gigi tidak sepenuhnya mampu membersihkan sisa-sisa makanan.

  3. Mengobati Gigi Berlubang
    Jika terdapat gigi berlubang segera diobati ke dokter gigi. Bisa ditambal atau dicabut jika sudah terlalu parah. Hal ini mencegah makan masuknya sisa-sisa makanan.

  4. Mengunyah dengan Seimbang
    Jika berbagai masalah gigi sudah teratasi usahakan untuk mengunyah dengan seimbang sehingga mencegah munculnya plak.

  5. Membersihkan Karang Gigi secara Teratur
    Usahakan untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur setidaknya 3 bulan sekali. Cara membersihkan karang gigi menggunakan alat-alatnya tentu jauh lebih aman dibandingkan menggunakan bahan-bahan tertentu yang tidak diketahui bahan pembuatannya.

Membedah 5 Cara Membersihkan Karang Gigi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment