Ingin Tahu Cara Merawat Kelinci yang Benar?

Cara merawat kelinci yang benar pasti diperlukan oleh pemelihara kelinci. Nah, jika anda memang tertarik untuk memelihara kelinci, maka anda harus membeli kelinci anakan di atas umur 2 bulan karena kalau di bawah itu kekebalan tubuhnya masih rentan.


Tips Merawat Kelinci

Jika anda memang tertarik untuk memelihara kelinci, maka anda bisa mencoba tips-tips di bawah ini, yaitu :
  1. Pilih kelinci yang berumur di atas 3 bulan. Pasalnya, kelinci umur di bawah 3 bulan sangat rentan dibawa pergi jauh melewati 100 km perjalanan. 
  2. Jangan percaya kalau kelinci tidak boleh diberikan air minum karena semua makhluk hidup membutuhkan air minum. 
  3. Kangkung bukanlah pakan terbaik. Setiap pohon dengan jenis bambu memiliki potensi untuk menyimpan gas. Sayuran jenis kubis dan kangkung memiliki potensi gas tinggi sehingga akan mengakibatkan air kencing bau (amoniak). 
  4. Jagalah kelembaban dan kebersihan kelinci untuk menghindari kelinci sakit. Anak kelinci di bawah 3 bulan cocok diberi makan rumput dibandingkan pelet. Pelet atau pakan padat lain seperti bekatul atau ampas tahu boleh diberikan tapi sedikit saja. Barulah setelah usia 2,5 bulan boleh diberikan lebih banyak. Kelinci anakan lebih cocok dikasih makan rumput karena sistem pencernaan yang dimiliki masih labil. 
  5. Bersihkan kandang setiap saat dan jangan sampai kotor. Hal ini karena penyebab budugen atau kudis disebabkan oleh kandang yang kotor. Kuku kelinci yang sering menginjak kotoran akan menularkan penyakit kudis ke telinga. Kaki atau kuku kelinci harus dibersihkan setiap saat dengan air hangat.
  6. Berikan wortel untuk kelinci. Wortel sangat baik untuk pakan kelinci anakan atau dewasa. Wortel memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga anakan kelinci perlu memakan wortel. 
  7. Jangan membawa anak kelinci pergi jauh karena kelinci anakan di bawah dua bulan sangat rawan stress. Akan tetapi, stress akan membuat pencernaan terganggu, terlebih lagi jika air minum kurang dan kurang serat. 
  8. Jangan membawa kelinci di dalam kardus karena akan menimbulkan panas serta sumpek.Banyak kelinci yang mati karena kejadian ini. 

Rawat Kelinci dengan Baik

Jika anda memiliki kelinci, rawatlah dengan baik dan jaga kebersihan dan makanan yang diasupnya. Jangan sampai anda menyepelekan hal-hal di atas karena akan membuat kelinci anda mati. Pastikan bahwa anda tahu cara merawat kelinci dengan baik agar kelinci anda tetap bersih dan sehat.

Ingin Tahu Cara Merawat Kelinci yang Benar? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment