Panduan Cara Membuat Blog Gratis yang baik

Cara Membuat Blog dalam artikel ini sengaja saya buat khusus buat teman teman yang belum mengetahui benar bagaimana cara membuat blog gratis, tapi bagi yang sudah menguasai bagaimana cara membuat blog harap maklum jika ada kekurangan dalam artikel ini. Nah bagi teman teman yang ingin belajar cara membuat blog dalam waktu singkat mari kita simak lebih lanjut.


Blog mempunyai pengertian sebagai media penghubung antara penulis dan pembaca, jadi dalam membuat blog kita ingin si pembaca mengerti akan maksud dan tujuan yang kita tulis. Blog juga bisa menjadi jembatan penghubung antara penjual dan pembeli (biasanya blog yang digunakan untuk menjual produk tertentu atau biasa disebut "Toko Online").

Cara membuat blog sebenarnya tidak terlalu sulit, yang penting kita benar benar teliti dalam langkah langkah awalnya. Mengenai cara membuat blog gratis sebenarnya sangat banyak layanan yang meyediakan blog gratisan, dan yang paling banyak dipakai antara lain:

·         Blogger.com
·         Wordpress.com
·         Blogsome.com
·         Multiply.com
·         Weebly.com
·         Dan lain lainnya

Pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan teman teman Panduan Cara Membuat Blog Gratis yang baik dengan memakai layanan Blogger.com.

Tahapan atau Panduan Cara Membuat Blog Gratis yang baik adalah sebagai berikut:

    1. Pertama teman teman wajib mempunyai sebuah email, saya sarankan pakailah email dari layanan Google. Untuk membuat email dari layanan Google, teman teman bisa lihat artikel cara membuat email gmail yang sudah saya bahas sebelumnya atau langsung menuju ke Gmail, untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar di bawah ini.
cara membuat blog
Cara Membuat Email Gmail


2. Selanjutnya kita isi semua data data kita pada form yang tertera, jangan lupa di bawah klik Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google, setelah itu klik langkah berikutnya seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog gratis
Form email setelah diisi lengkap

3. Setelah itu, klik Langkah berikutnya. Jika mau anda juga bisa tambahkan profil anda (bisa dilakukan nanti) lebih jelasnya lihat gambar dibawah.
panduan cara membuat blog gratis
Langkah berikutnya

4. Sekarang Akun Gmail anda telah siap, lalu klik lanjutkan ke Gmail
akun gmail buat blog gratis
Akun Gmail anda siap digunakan
inbox gmail buat blog
kotak inbox Gmail
5. Sampai disini teman teman sudah berhasil membuat Akun Gmail, sekarang kita ke tahap selanjutnya yaitu membuat blog. Mari kita buka tab baru di browser anda atau bisa tekan (ctrl + T) lalu ketikan alamat Blogger.com, kemudian isi email dan sandi yang sama dengan akun Gmail yang barusan anda buat, lalu klik Masuk
cara membuat blogger
masuk ke blogger
6. Setelah itu kita pilih Lanjutkan ke blogger, untuk profil dapat anda isi di kemudian hari, karena disini yang kita utamakan bagaimana cara membuat blog dulu ya...
cara membuat blog1
Lanjut ke Blogger
7. Nah sekarang yang anda lihat adalah tampilan muka Blogger, coba anda klik Blog baru
panduan membuat blog baru
Tampilan muka Blogger

8. Sampai saat ini anda sudah berhasil membuat akun Blogger, tahap selanjutnya harap perhatikan baik baik gambar di bawah ini, ada 4 tahap yang harus anda lakukan, terutama dalam memilih alamat blog (langkah 2), sebelum ada tulisan This blog address is available berarti alamat blog yang anda ingin buat sudah ada yang memiliki, silahkan anda cari nama/alamat blog yang lain, boleh anda kreasikan dengan menambah angka di belakang nama/alamat blog anda.
Untuk Template saya sarankan anda pilih Sederhana (langkah 1) setelah itu klik Create blog
panduan cara membuat blog baru
9. Akhirnya jadi juga blog teman teman seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, angka 1 adalah judul blog yang anda buat sebelumnya, dan angka 2 adalah Mulai mengeposkan yang artinya mulai untuk membuat artikel
membuat blog gratis
10. Setelah anda klik Mulai mengeposkan, maka ini saatnya kita mulai untuk membuat artikel. Dalam membuat suatu artikel ada beberapa tahap yang harus diperhatikan, untuk lebih jelasnya kita mulai aja ya...

      Tahapan cara membuat artikel di blogger:

  •      angka 1 biasa disebut judul artikel, buatlah judul yang menarik sehingga mengundang minat pembaca. Buatlah judul yang singkat, tapi padat dan jelas artinya.
  •      angka 2 adalah isi dari artikel, jadi buatlah isi artikel yang unik dan bermanfaat untuk para pembaca, jika artikel kita bermanfaat maka blog kita akan disukai banyak orang.
  •      angka 3 adalah Label, bisa diisi dengan kata kunci artikel atau semacam kategori artikel. Seperti judul artikel ini "Panduan Cara Membuat Blog Gratis yang Baik" maka akan saya beri label "Blogging" daripada label "Kecantikan".
  •      angka 4 adalah tahap Pratinjau yaitu tahap pemeriksaan artikel sebelum dipublikasikan, jika ada yang belum lengkap maka kita dapat melengkapi dulu baru kemudian dipublikasikan.
  •      angka 5 jika teman teman sudah yakin dengan isi artikel yang dibuat, maka sekarang tinggal klik Publikasikan 
cara membuat artikel blog gratis
11. Gambar di bawah ini adalah contoh artikel yang sudah dipublikasikan, untuk dapat melihat contoh postingan/artikel kita, tekan klik Lihat dan lihatlah hasilnya.
Taraaaa......teman teman sudah berhasil membuat blog, mudah kan???
cara membuat blog gratis yang baik
Demikian tulisan yang saya muat mudah mudahan berguna bagi teman teman yang sedang belajar cara membuat blog. Anda dapat berkreasi sesuka hati, sesuaikan dengan hobby anda, dan saya yakin teman teman dapat membuat blog yang lebih baik nantinya.
Salam sukses buat teman teman

Panduan Cara Membuat Blog Gratis yang baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments:

  1. Makasih tutorialnya, Sangat bermanfaat untuk memastikan apa yang telah saya lakukan sudah benar. kebetulan baru buat blog.

    ReplyDelete