Cara Memilih Perlengkapan Bayi

Semua orang tua tentunya akan senang di saat menyambut kelahiran bayinya. Berbagai persiapan telah dilakukan setiap orang tua dengan cara memilih perlengkapan bayi. Memilih perlengkapan bayi baru lahir akan sangat bermanfaat dilakukan saat trimester terakhir di masa kehamilan sang ibu. Pada saat itu kita telah mengetahui bayi kita laki-laki atau perempuan, dengan begitu kita bisa mulai membeli perlengkapan bayi sesuai dengan jenis kelaminnya, contoh: handuk, bak mandi, kapas, bantal, pakaian dan wadah bedak.

cara memilih perlengkapan bayi

Berikut ini cara memilih perlengkapan bayi yang baik:

  1. Tidak diperlukan membeli pakaian bayi terlalu banyak, karena pakaian tidak sesering popok yang selalu diganti dan juga masa pertumbuhan bayi sangatlah cepat. Pakaian bayi gunakanlah yang berlengan pendek dan panjang bisa dipakai ketika musim dingin.

  2. Kaos tangan bayi digunakan untuk melindungi kuku-kuku yang belum dipotong. Selama kuku-kuku jari bayi kita belum bisa dipotong sebaiknya gunakan kaos tangan.

  3. Siapkanlah kelambu untuk melindungi bayi dari nyamuk dan serangga. Jangan lupa belilah kelambu dengan ukuran kasur agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

  4. Gunakanlah perlak di tempat tidur bayi agar kasur terlindungi dari air kencing bayi.

  5. Usahakanlah jangan mengunakan gurita karena dapat menggangu pernafasan bayi. karena dengan menggunakan gurita perut bayi akan tertahan maka kemampuan bayi disaat minum bisa berkurang dan bayi cenderung lebih mudah muntah. Untuk perawatan tali pusat juga tidak baik karena tali pusat akan sulit kering.

  6. Jangan sering-sering gunakan bedak karena dapat menyebabkan bayi kita terkena biang keringat. Dengan bedak yang banyak dapat menyebabkan kuman pada tubuh bayi kita.

  7. Untuk bayi diusahakan diberi ASI saja, jangan menggunakan dot karena dot tidak terjamin steril sehinggah bisa terjadi resiko diare dan kembung.

  8. Sebaiknya dianjurkan untuk bayi jangan menggunakan minyak telon karena minyak telon selain panas juga dapat membuat iritasi kulit.

Cara Memilih Perlengkapan Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comments: