Cara Memilih Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Sperma Para Pria

Kehamilan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh calon pasangan yang baru menikah. Namun secara klinis kehamilan tidak bisa didapat begitu saja. Ada beberapa faktor yang menunjang terjadinya proses pembuahan pada sel telur, salah satunya sang pria harus mempunyai jumlah sel sperma yang cukup. Sel sperma bisa dibilang cukup normal jika jumlahnya berada di atas 20 juta setiap 1 mililiter, di bawah jumlah tersebut kemungkinan kecil seorang pria dapat membuat hamil sang wanita.

cara meningkatkan kualitas sperma

Banyak kemungkinan yang menyebabkan turunnya jumlah sel sperma pada pria, diantaranya gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat, alkohol atau minuman keras juga salah satu penyebabnya.

Namun kini telah banyak ditemukan beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sel sperma. Makanan tersebut berfungsi untuk meningkatkan produksi testosteron sehingga dapat meningkatkan jumlah sel sperma.

Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sperma Pria

  1. Kurangnya zat seng di dalam tubuh dapat menyebabkan turunnya kadar testosteron dan ini berakibat berkurangnya jumlah sel sperma. Makanan yang banyak mengandung seng yaitu susu yoghurt, gandum, jagung dan daging sapi.

  2. DHA dan OMEGA 3 dipercaya dapat membantu meningkatkan tekanan darah menuju alat kelamin dan juga dapat meningkatkan beberapa fungsi seksual. Pria yang subur rata-rata memiliki asam lemak yang terkandung dalam sperma lebih banyak ketimbang pria yang kurang subur. Makanan yang banyak mengandung asam lemak, DHA, dan OMEGA 3 yaitu kepiting, ayam atau udang.

  3. Vitamin A dan C yang terdapat pada buah-buahan dan makanan biasanya juga mengandung zat antioksidan yang dapat meningkatkan jumlah sperma. Makanan yang banyak mengandung Vitamin A dan C yaitu kangkung, ubi jalar, paprika merah, kacang polong, asparagus dan strawberry, vitamin C yang terkandung dalam makanan ini dapat mempengaruhi motilitas, dan viabilitas sperma.

  4. Pria yang mempunyai kadar asam folat rendah memiliki kemungkinan kelainan pada sel sperma kromosom. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau dan buah-buahan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, supelemen asam folat juga diperlukan untuk tambahan.

  5. Kurang Vitamin A dapat menjadi penyebab terjadinya kemandulan pada pria, karena kekurangan vitamin A dapat membuat gerak sel sperma menjadi lambat. Vitamin A dapat membantu pertumbuhan sel sperma yang sehat. Makanan yang mengandung vitamin A yaitu wortel, gandum, cabai merah, bayam, brokoli dan susu.

Gizi yang cukup selain membuat tubuh kita sehat juga dapat meningkatkan jumlah produksi sel sperma. Selain pola makan yang sehat, cobalah untuk olahraga rutin dan istirahat yang cukup. Demikianlah tips cara memilih makanan untuk meningkatkan kualitas sperma, semoga bermanfaat

Cara Memilih Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Sperma Para Pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment